Modul Ajar SPtLDV ( Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel ) Kelas X

Haslinda Haslinda
1 21 Diunduh

Modul Ajar SPtLDV adalah modul ajar kelas X Mapel matematika dengan Model Pembelajaran PBL ( Problem Based Learning ) yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berfikir Tingkat Tinggi ( HOTS) peserta Didik 

Modul Ajar Tersebut terdiri atas BahanAjar, LKPD, Instrumen Penilaian dan Media pembelajaran.

Model PBL di terapkan dalam modul karena  Problem based learning adalah suatu pembelajaran yang berbasis dengan sebuah metode untuk memperkenalkan peserta didik terhadap suatu kasus yang memiliki keterkaitan dengan materi yang dibahas. Peserta didik diminta untuk mencari solusi mengenai bagaimana cara menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi dalam proses pembelajaran.

Sintaks Model Pembelajaran PBL :

Jelaskan Orientasi Masalah

Dalam tahap ini guru terlebih dahulu memberi pemahaman dan penjelasan mengenai tujuan dari pembelajaran. Hal ini dilakukan agar menumbuhkan motivasi belajar dari para peserta didik, khususnya pada proses pembelajaran rpp problem based learning.

2. Mengorganisasi Peserta Didik

Sintak problem based learning di tahap ini guru akan mengorganisasi peserta didik ke dalam sistem belajar, dengan memberi tugas setelah ditentukan topik dan penjelasan mengenai proses mengerjakan dan lainnya. Sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan.

3. Memberi Bimbingan

Dalam tahap ini guru akan memberikan bimbingan pada setiap individu maupun kelompok, tujuannya agar peserta didik bisa mendapatkan sumber atau referensi yang sesuai. Tentunya sumber yang dimaksud sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi.

4. Mengembangkan Hasil Karya

Pada tahap ini peserta didik mendapatkan bantuan dari guru, khususnya dalam mempersiapkan hasil dari proses pemecahan masalah yang sudah dilakukan kemudian dibentuk dalam sebuah laporan. Hasil laporan inilah yang nantinya akan diberikan pada guru, bisa berupa dokumentasi, rekaman beserta teori pendukung lainnya.

5. Melakukan Analisis dan Evaluasi

Dalam model problem based learning, guru kemudian meminta para siswa agar merefleksikan serta melakukan evaluasi terhadap hasil yang diperoleh. Hal ini dilakukan dari sisi proses dan metode, karena itu harus dilakukan dengan sistematis.

Jenjang SMK/MAK
Jenis Pembelajaran luring
Mata Pelajaran Matematika (Teknologi dan Rekayasa)
Tags
File ini tidak memiliki tag
Dokumen gratis

Item ini GRATIS untuk diunduh dalam waktu terbatas saja.

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.


Copyright © 2022. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia